Rabu, 20 Juli 2011

Bahayakah MIMISAN pada saat HamiL..MENGAPA??!!




Epistaksis dalam dunia kedokteran ato yang LebiH seRing kita kenaL sebagai mimisan or hidung beRdarah dikarenakan adanya perubahan hoRmon. Biasanya, mimisan terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Mimisan dapat terjadi ringan atau berat.

Pemaparan dari dr Febriansyah Darus, SpOG dari RSIA Hermina Jatinegara berikut akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Penyebab mimisan/ Epistaksis bukan karena seseorang hamil atau dulunya pernah mimisan. Namun, mimisan terjadi karena pecahnya pembuluh saraf di daerah hidung.

Seperti diketahui, saat hamil kadar hormon progesteron dalam tubuh meningkat. Nah, meningkatnya hormon ini akan menyebabkan otot-otot polos -termasuk otot-otot polos pembuluh darah akan mengalami relaksasi yang berlebihan.

Salah satu akibat dari relaksasi ini adalah, melebarnya pembuluh darah di daerah hidung. Karena hidung adalah daerah yang sensitif, maka perubahan tekanan, suhu atau bersin sekalipun bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar hidung ini pecah yang kemudian bisa menutup lagi.

Bila mimisan terjadi sangat banyak serta sulit berhenti, segera pergi ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) untuk tindakan lebih lanjut dan dicari penyebabnya.

Kurang Vitamin C

Mimisan tidak disebabkan Anda mengonsumsi suatu makanan atau minuman tertentu. Namun, mimisan bisa saja terjadi karena kekurangan vitamin C sebagai antioksidan untuk jaringan ikat, salah satunya untuk jaringan otot-otot pembuluh darah.

Walau begitu, bukan berarti mimisan pasti terjadi karena kurangnya vitamin C.


Mencegah Mimisan


Untuk mencegah terjadinya mimisan, hal yang harus Anda lakukan ialah, hindari faktor pencetus alergi, asup vitamin C, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari (berpanas-panasan) karena mimisan bisa timbul tiba-tiba tanpa gejala, jangan lupa istirahatlah yang cukup.

1 komentar:

  1. hmm vit c itu terdapad pada buah yg asemmm seperti jeruk kiwi ato pun YOU.C 1000 sedang kan saya tidak boleh terlampau sering makan buah yg asem seperti diatas tadi.. ???!!!ckckckckckckkckc...PARAH..derita guwa...

    BalasHapus